Halaman administrasi dapat diakses setelah berhasil login.
Halaman administrasi yang pertama kali ditampilkan atau diakses adalah Dasbor yang terdapat beberapa menu-menu dan informasi pada Dasbor SiapPakai.
Berikut penjelasan informasi tentang tampilan pada halaman dasbor:
Pelanggan Dasbor SiapPakai, dan terdapat tautan info selengkapnya data pelanggan.Pelanggan Premium, dan terdapat tautan info selengkapnya data pelanggan.Pelanggan Umum, dan terdapat tautan info selengkapnya data pelanggan.Pelanggan Dasbor SiapPakai habis masa berlaku, dan terdapat tautan info selengkapnya.Pelanggan Dasbor SiapPakai yang hanya ditampilkan 3 data pelanggan terbaru.Tambah Desa yang digunakan untuk menambahkan data desa.Pada menu dropdown terdapat menu-menu:
Keluar, yaitu menu untuk keluar dari aplikasi.Pada saat klik tombol tanda tanya maka akan muncul tentang infromasi aplikasi Dasbor SiapPakai dan tautan ke panduan.
Tabel pelanggan pada dasbor yang ditampilkan adalah data 3 (tiga) pelanggan yang terbaru. Adapun dari kolom-kolom yang ditampilkan diantaranya:
premium atau umum.Aktif, Suspended, atau Tidak Aktif.
Berikut penjelasan informasi tentang tampilan pada dialog data tema pro:
Next untuk lanjut ke data berikutnya, Tombol Previous untuk kembali ke data sebelumnya.Halaman Job Monitoring adalah halaman yang digunakan untuk memantau proses yang dikirimkan dari layanan sehingga dapat mengetahui status yang berhasil (success) atau status gagal (failed).
Berikut penjelasan informasi tentang tampilan pada halaman Job Monitoring:
All, Running, Failed atau Succeeded.All atau default.(Running), gagal (Failed) atau berhasil (Success).Delete yang berguna untuk menghapus data.
Berikut penjelasan informasi tentang tampilan pada halaman pelanggan:
Dasbor SiapPakai.Sidebar yang berisi menu-menu pada Aplikasi Dasbor SiapPakai.Tambah Desa yang digunakan untuk menambahkan data desa.*Langganan OpenSID yaitu premium atau umum.Status Langganan OpenSID yaitu Aktif, Suspended atau Tidak Aktif.Status Langganan Dasbor SiapPakai yaitu Aktif, Suspended atau Tidak Aktif.Masa Aktif Dasbor SiapPakai yaitu Kurang dari 21 hari atau Expired.ProxyNext untuk lanjut ke data berikutnya, Tombol Previous untuk kembali ke data sebelumnya.Tabel pelanggan pada halaman pelanggan lebih lengkap yang berisi tentang:
Unduh Folder Desa dan Mundur versi sebelumnya, Pindah Hosting, Aktivasi dan Konfigurasi Tema, Pengaturan Email API, Pembaruan Token.premium atau umum.Aktif, Suspended, atau Tidak Aktif.Aktif, Suspended, atau Tidak Aktif.Halaman untuk menambahkan data desa ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu,
Tambah Desa pada Halaman Data Desa/Kelurahan.Tambah Desa pada halaman Dasbor.
Untuk dapat menambahkan data desa/kelurahan ini tentunya sudah terdaftar sebagai pelanggan premium dan SiapPakai pada layanan OpenDesa, jika belum terdaftar maka dapat menghubungi pelaksana OpenDesa.
Berikut penjelasan informasi tentang tampilan pada halaman pelanggan:
Tombol Aksi pada Tabel Pelanggan
{.is-info}
Tombol Aksi pada Tabel Pelanggan
-- Ketika klik tombol aksi Unduh Folder Desa maka akan melakukan proses unduh database yang sudah di cadangkan (backup) secara otomatis.

-- Ketika klik tombol aksi Mundur versi sebelumnya maka akan ada kotak dialog untuk konfirmasi. Jika tekan tombol Ya maka akan melanjutkan proses dan jika tekan tombol Batal maka akan keluar dan membatalkan proses.
1.Pastikan domain sudah di arahkan ke ip server SiapPakai.
2.Siapkan backup folder desa dan database yang akan diunggah pada konfirmasi pada aksiPindah Hosting.
3.Pastikan sudah dibuatkan daftar pelanggan pada layanan dan telah melakukan pemesanan serta telah didaftarkan pada pelanggan SiapPakai.
Ketika Aksi pada tombol Pindah Hosting di klik maka akan muncul konfirmasi dialog pada gambar berikut:

Berikut penjelasan informasi tentang tampilan pada halaman pelanggan:
Ya untuk menjalankan proses pindah hosting(proses pindah hosting dapat dicek di monitoring)Ketika Aksi Tambah, Aktivasi dan Konfigurasi Tema Pro di Klik terdapat pilihan Tambah Tema Pro dan Aktivasi dan Konfigurasi Tema.

Pada Aksi Tambah Tema Pro akan muncul dialog untuk konfirmasi penambahan tema dengan catatan sudah berlanggana tema dan sudah terdaftar di layanan OpenDesa.

Berikut penjelasan informasi tentang tampilan pada halaman dialog konfirmasi tambah tema pro:
Ya untuk menjalankan proses tambah tema
Pada Aksi Aktivasi dan Konfigurasi Tema akan muncul dialog untuk konfirmasi aktivasi tema serta konfigurasi tema dengan catatan sudah berlanggana tema dan sudah terdaftar di layanan OpenDesa.

Berikut penjelasan informasi tentang tampilan pada halaman dialog konfirmasi aktivasi dan konfigurasi tema:
Ya untuk menjalankan proses tambah tema
Pada Aksi Tambah Aktivasi dan Konfigurasi Tema akan muncul dialog untuk melakukan Pengaturan Email API yang akan digunakan pada konfigurasi API yang ditampilkan pada gambar berikut:

Berikut penjelasan informasi tentang tampilan pada halaman dialog konfirmasi Pengaturan Email API:
Pada kotak berwarna merah silakan disisi sesuai dengan pengaturan email, seperti mail host, username, password.
Ya untuk menjalankan proses pengaturan email API
Ketika Aksi pada tombol Pembaruan Token di klik maka akan muncul konfirmasi dialog pada gambar berikut:

Berikut penjelasan informasi tentang tampilan pada halaman dialog konfirmasi pembaruan token, silakan isi token terlebih dahulu
Ya untuk menjalankan proses pembaruan token.Menu yang terdapat pada Pengaturan merupakan menu-menu yang digunakan untuk mengatur tentang aplikasi dan penggunaannya.
Halaman Pengguna adalah halaman dimana dapat mengatur pengguna yang diperbolehkan masuk ke aplikasi PBB. Selengkapnya...
Halaman Aplikasi adalah halaman dimana dapat mengatur tentang aplikasi PBB yang dimiliki oleh desa tertentu, logo dan konfigurasi ke OpenSID. Selengkapnya...
Pada sidebar terdapat menu-menu untuk mempermudah pengguna untuk membuka halaman tertentu.
Pada Pelanggan terdiri dari menu:
Pada Master Aplikasi terdiri dari menu:
Pada Pengaturan terdiri dari menu: