Pemilihan Desa adalah tahapan yang pertama dilakukan setelah berhasil Instalasi aplikasi KelolaDesa agar aplikasi KelolaDesa dapat digunakan dan terintegrasi dengan OpenSID.
Tampilan Pertama setelah berhasil Instal yaitu Splash Screen Pilih Lewati
atau Selanjutnya
, setelah itu Terdapat Dua Tombol Demo
dan Mulai
Klik Mulai
kemudian Tampil Halaman Pemilihan Desa.
Nama-nama desa yang muncul di pemilihan desa hanya desa yang berlangganan OpenSID Premium.
Pemilihan Desa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Provinsi
Kabupaten
Kecamatan
Desa
Selanjutnya
Selanjutnya
sistem akan menampilkan halaman Masuk
Setelah melakukan Pemilihan Desa
selanjutnya Perangkat Desa dapat Masuk
ke Aplikasi menggunakan Nama Pengguna
dan Sandi
untuk menggunakan fitur - fitur KelolaDesa.
Nama Pengguna
danSandi
yang digunakan adalah Nama Pengguna dan Sandi Pengguna / Perangkat Desa yang sudah di tambahkan di Aplikasi OpenSID.
Masuk ke Aplikasi KelolaDesa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Nama Pengguna
dan Sandi
Masuk
Masuk
Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman Beranda
Halaman Beranda adalah halaman utama aplikasi KelolaDesa, pada halaman utama ini terdapat infomasi sebagai berikut :
Nama Pengguna dan Jabatan
Statistik Laporan
Laporan Kehadiran
Pengaduan Masyarakat
IDM
SDGs
Permohonan Surat
Surat Ditolak
Layanan Mandiri
Kehadiran merupakan fitur untuk pelakukan pencatatan waktu masuk/keluar kerja perangkat desa dengan melakukan Masuk aplikasi KelolaDesa.
Rekam Masuk
pada Menu Kehadiran
dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Kehadiran
Rekam Masuk
Anda Telah Absen Masuk
Rekam Masuk
berubah menjadi Absen Keluar
Rekam Masuk
Hari, Tanggal, PukulTidak bisa Masuk
saat klik Rekam Kehadiran
:Tidak Bisa Masuk karena Klik
Rekam Kehadiran
karena GPS / Lokasi pada handphone Pengguna belum Aktif.
Perangkat Desa dapat melakukan
Rekam Kehadiran
kalau jarak kantor dibawah radius 20m. jika diluar jangkauan tidak dapat melakukanRekam Kehadiran
. untuk mengatur titik lokasi kantor, ada di MenuIdentitas Desa
TombolLokasi Kantor Desa
Aplikasi OpenSID.
Tidak Bisa Masuk karena Klik
Rekam Kehadiran
diluar Jam Masuk Kerja.
Tidak Bisa Masuk karena Klik
Rekam Kehadiran
di Hari Libur Kerja
Absen Keluar
pada Menu Kehadiran
dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Rekam Kehadiran
Absen Keluar
Absen Keluar
Rekam Kehadiran
dan Absen Keluar
akan hilang dan muncul besok di hari kerja selanjutnya.Arsip Surat
sebagai pencatatan dan dokumentasi setiap kali mencetak surat, surat yang dihasilkan akan direkam dalam Arsip Surat
. Untuk melihat Arsi Surat
pada Aplikasi Keloladesa dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Masuk Menggunakan Akun Perangkat Desa yang sudah terdaftar di OpenSID
Klik Arsip
Sistem akan menampilkan halaman Arsip Surat
Profil
adalah menu untuk mengatur Profil
pengguna Aplikasi KelolaDesa, pada menu Profil
pengguna dapat melakukan :