Fungsi dari Menu Pengguna adalah untuk memudahkan Admin dalam melakukan Pengaturan Pengguna seperti menambahkan Pengguna, mengatur Grup Pengguna. Pengguna adalah user yang dapat mengakses atau login ke halaman Administrasi. Pengaturan Grup Pengguna digunakan untuk mengatur Menu - Menu dan Fitur apa saja yang dapat di akses oleh Pengguna.
Perhatikan gambar di atas cara mengakses menu Pengguna :
pada Menu Pengguna kita dapat memanfaat fitur yang sudah disediakan yaitu :
Sebaiknya setiap orang yang mengakses modul Administrasi SID dibuatkan akun (pengguna SID)
tersendiri. Yaitu, hindari situasi di mana semua orang menggunakan akun yang sama,
misalnya 'admin'. Dengan adanya akun masing-masing, akan lebih mudah melacak siapa
yang melakukan suatu tindakan SID, seperti mencetak surat, mengubah status keluarga,
menulis artikel, dsbnya.
Nama Pengguna yang dapat ditambahkan adalah Pengguna / Perangkat Desa yang sudah di tambahkan ke pengurus Desa yang ada di Menu
Info Desa
sub MenuPemerintah Desa
atau di MenuBuku Administrasi Umum
-Buku Pemerintah Desa
, Jika belum ditambahkan nama pengguna tidak akan muncul saat pilihan staf
Tambah
Grup
sesuai Jabatan Perangkat Desa Jika belum ada Grup
tambahkan Grub
baru.Info Desa
sub menu Pemerintah Desa
Masuk
masuk ke Aplikasi OpenSIDAktif
Aktif
apabila pengguna adalah kepala Wilayah Dusun/Rw/RTPengguna yang tidak ingin dihapus akun-nya dapat dilakukan perubahan pada
status
menjaditidak aktif
, Pengguna tidak akan dapat lagi login
Ubah data Pengguna seperti ubah username, password, grup, status aktif atau tidak aktif, akses wilayah
dapat dilakukan dengan cara :
Ubah
Simpan
Hapus Penggun dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Hapus
Hapus
Jika Pengguna di Non-Aktifkan, Pengguna tidak dapat menggunakan username dan password untuk login ke OpenSID.
Non Aktif Pengguna
Status Pengguna
Grup Pengguna
Cara Ubah Foto Pengguna, dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Ubah
Simpan
Fitur grup pengguna bertujuan untuk membatasi akses dan modul yang ditampilkan bagi petugas yang diberikan tugas khusus, misalnya petugas data entri SDGs. Petugas seperti itu cukup melihat menu tertentu saja sesuai tugas mereka. Selain mencegah akses ke menu lain, juga akan mengurangi kebingungan petugas kalau dihadapi dengan begitu banyak menu yang tidak relevan bagi mereka.
Sebaiknya setiap orang yang mengakses modul Administrasi SID dibuatkan akun (pengguna SID)
tersendiri. Yaitu, hindari situasi di mana semua orang menggunakan akun yang sama,
misalnya 'admin'. Dengan adanya akun masing-masing, akan lebih mudah melacak siapa
yang melakukan suatu tindakan SID, seperti mencetak surat, mengubah status keluarga,
menulis artikel, dsbnya.
Kategori pengguna SID adalah sebagai berikut:
Kategori pengguna menentukan fitur apa yang dapat diakses atau tidak di aplikasi SID. Hak akses masing-masing kategori pengguna dijabarkan di http://bit.ly/2Vhqmyz.
Untuk menambahkan grup pengguna, ikuti langkah-langkah berikut:
Klik tombol Tambah Grup Baru.
Silahkan lakukan perubahan-perubahan yang diperlukan (lihat keterangan pada penambahan data grup pengguna). Selanjutnya klik Simpan untuk menyimpan hasil perubahan.
Klik Simpan untuk menyimpan data grup pengguna.
Untuk melakukan perubahan data pengguna, ikuti langkah-langkah berikut:
Klik tombol Ubah.
Silakan lakukan perubahan-perubahan yang diperlukan (lihat keterangan pada penambahan data grup pengguna). Selanjutnya klik Simpan untuk menyimpan hasil perubahan.
Klik Simpan untuk menyimpan data grup pengguna.
Untuk menghapus data grup pengguna, ikuti langkah-langkah berikut:
Pilih data pengguna yang ingin Anda hapus.
Selanjutnya akan muncul pop-up konfirmasi. Klik Hapus.
Tujuan fitur yaitu agar pengguna wilayah hanya dapat melihat dan mengelola data bagi wilayahnya saja. Misalnya, Ketua RT yang hanya dapat melihat, menambah dan mengubah data penduduk di RT-nya saja.
Saat ini Modul dan Menu yang dapat diakses Pengguna Wilayah Dusun/RW/RT adalah Modul Kependudukan yaitu Penduduk, Keluarga, Rumah Tangga, Calon Pemilih.
Sebelumnya kita harus menambahkan Grup baru untuk Pengguna Wilayah dan mencentang menu berikut ini yang berkaitan dengan pengguna wilayah :
Data Penduduk, Keluarga, Rumah Tangga, Calon Pemilih yang di tampilkan akan dibatasi berdasarkan wilayah Dusun/RW/RT
Sebelum menambahkan pengguna akses wilayah kita harus menambahkan Grup pengguna, di sini kita tambahkan Grup Dusun.