Bagian ini cukup penting dalam surat TinyMCE dimana pengaturan ini dibuat untuk menentukan bagaimana surat TinyMCE dapat bekerja & sesuai dengan template yang di harapkan.
Ada beberapa bagian dalam pengaturan, untuk mulai melakukan pengaturan masuk ke menu Layanan Surat → Pengaturan Surat lihat bagian yang di kotakkan terdapat tulisan pengaturan, untuk masuk ke halaman pengaturan klik tombol tersebut.
Fitur ini ada di menu : Surat Dinas → Pengaturan Surat → Pengaturan
Setelah itu akan muncul halaman Pengaturan Surat seperti gambar di bawah ini
lihat pada gambar di atas terdapat beberapa menu tab pada bagian yang di kotak.
Untuk menjabarkan penjelasan diatas maka simak pebahasan berikut ini :
1. Header
Header adalah bagian dari kop surat sehingga untuk memulai surat TinyMCE maka sangat dibutuhkan pengaturan berikut ini :
Bagian 1. Digunakan untuk mengatur tinggi header sehingga jika header kurang tinggi dapat mengakibatkan tulisan yang tumpang tindih maka pastikan bagian header sudah sesuai.
Pada gambar di atas ada beberapa tanda yang diberi warna
- UNGU : tools untuk mengubah paragraf seperti Bold, Italic/garis miring dll
- KUNING : fitur ini berfungsi ketika di dalam inputan Template Header Surat terhapus, kita bisa klik Salin Template → Pilih salah satu template Header / Footer
- HIJAU : fitur ini berfungsi untuk menyantumkan data kode isian : Surat, Identitas Desa, Penduduk, Input dan Penanda tanganan
Dan tombol Informasi berguna untuk memberi keterangan format Huruf Kapital, Besar, dan Kecil pada Kode Isian,
contoh :
- NAma_kabupaten = BOGOR
- Nama_kabupaten = Bogor
- nama_kabupaten = bogor
Bagian 2. Bagian ini digunakan untuk mengatur kop surat tentu semua yang tersedia dalam bagian ini dapat di sesuaikan dengan kop surat masing - masing.
Jika semua pengaturan pada bagian header sudah sesuai maka klik Simpan.
Lalu header juga memiliki template bawaan sistem jika yang anda edit ingin di kembalikan ke bawaan sistem maka bisa klik bagian Salin Template lalu pilih Header dan akan ada pilihan Template Sistem & Template Desa yang artinya jika anda pilih Template Sistem maka template akan di kembalikan ke bawaan sistem lihat gambar berikut ini.
2. Footer
Footer juga bagian yang cukup penting pada pengaturan global seperti header, namun pada kondisi tertentu footer dapat berubah seperti jika pengaturan TTE diaktifkan, lihat gambar dibawah ini :
Lihat dari gambar diatas menunjukan 2 bagian dimana memiliki fungsi berikut ini :
Bagian 1. Digunakan untuk mengatur tinggi footer sehingga jika footer kurang tinggi dapat mengakibatkan tulisan yang tumpang tindih maka pastikan bagian footer sudah sesuai.
Bagian 2. Bagian ini digunakan untuk mengatur footer dengan semua yang tersedia dalam bagian ini juga dapat di sesuaikan dengan pengaturan global bagian footer surat.
namun jika kondisi surat TTE diaktifkan maka tampilan akan seperti berikut ini :
dari gambar diatas tentu tampilannya terlihat berbeda,terdapat tambahan baris tentang TTE dimana bagian ini hanya akan tersedia dan dapat digunakan jika pengaturan TTE diaktifkan.
3. Alur Surat
Alur surat adalah kondisi diamana surat dapat diperiksa oleh akses tertentu dimana saat ini ada 2 pemeriksa surat selain operator yaiut, Sekretaris Desa & Kepala Desa.
Namun syarat untuk mengaktifkan kondisi tersebut syaratnya sudah ditentukan siapa sekretaris & siapa kepala desa sehingga pengaturan dapat diaktifkan. Namun ada kondisi dimana ketika TTE diaktifkan maka verifikasi kepala desa akan otomatis aktif dan tidak dapat di non-aktifkan.
Bagian 1. Bagian untuk mengaktifkan verifikasi sekretaris desa.
Bagian 2. Bagian untuk mengaktifkan verifikasi kepala desa.
Maka Pastikan melalui menu Buku Administrasi Desa → Buku Pemerintah Desa maka pastikan sekdes / kades sudah ada jika belum ada maka pastikan terlebih dahulu untuk di tambahkan.
selain sekdes / kades juga perlu ditambahkan pengguna melalui Pengaturan → Pengaturan Pengguna lalu klik tombol Tambah Pengguna seperti gambar berikut ini :
Maka akan tampil gambar seperti berikut ini dan lihat bagian yang di berikan blok garis merah :
bagian diatas adalah bagian user dengan jabatan tertentu maka pastikan user yang ditambah adalah user untuk kades / sekdes seperti gambar berikut ini :
Maka setelah user ditambahkan setelah itu pengaturan dibawah ini dapat diterapkan.
4. Pengaturan TTE
Pengaturan ini khusus bagi desa yang telah melakukan kerjasama kepada BSrE sehingga ketika desa tersebut memiliki server Esign atau kebutuhan TTE maka pengaturan ini dapat diterapkan dan dapat menggunakan TTE, untuk mengerapkan TTE syarat utama perlu ditambahkan user sekdes.
Berikut adalah kebutuhan yang dibutuhkan untuk pengaturan TTE diamana biasanya desa perlu menghubungi Kominfo untuk PKS dengan BSrE untuk mendapatkan details dibawah ini :
URL API SERVER TTE : bagian ini nantinya akan didapat dari alamat server
USERNAME : dan bagian ini akan didapat dari server Esign yang di install
PASSWORD : bagian ini juga akan didapat dari server Esign yang di install
Selain pengaturan TTE ada terdapat 2 kondisi untuk mengatur TTE dimana ada TTE dengan menggunakan QrCode atau dengan mneegunakan Gambar / Visual.
Pengaturan dibawah ini digunakan untuk pengaturan TTE dengan bentuk Gambar / Visual.
Bagian 1. digunakan untuk upload gambar sesuai dengan yang ingin digantikan ke bagian tanda tangan surat.
Bagian 2. bagian ini untuk mengatur tinggi & lebar dari gambar yang akan di posisikan di tanda tangan.
Lihat pada bagian gambar dibawah ini :
bagian ini dapat diposisikan ke setiap surat atau tetap di buat pada pengaturan footer saja dimana pengaturan ini akan berlaku untuk semua surat pada OpenSID anda.
Jika nantinya kode isian TTE akan diposisikan ke surat tertentu maka pada bagian pengaturan footer kode isiannya perlu di kosongkan seperti gambar berikut ini :
Lalu pilih surat tertentu untuk mengatur kode isian seperti gambar berikut ini:
masuk pada pengaturan surat lalu klik edit pada salah satu surat yang berjeniskan TinyMCE sehingga dapat dilakukan pengturan seperti gambar berikut ini :
Klik pada Template lalu paste kode isian [qr_bsre] ke bagian footer seperti gambar diatas.
5. Form Penduduk Luar
Bagian ini adalah pengaturan yang digunakan untuk mengatur data bawaah untuk penduduk diluar desa, dimana standar form isian ini bisa ditentukan untuk surat -surat TinyMCE.
Untuk melakukan pengaturan tersebut silahkan klik pada Pengaturan Surat → Form Penduduk Luar.
Bagian 1. digunakan untuk menambah data form isian untuk penduduk luar desa.
Bagian 2. pada bagian ini data dapat di kelola dan di hapus.
Klik Tambah Form Penduduk Luar, isi pada label & centang bagia data apa saja yang akan ditentukan untuk menjadi standar isian, seperti gambar berikut ini.
Bagian 1. digunakan untuk memberikan label pada form isian warga diluar desa.
Bagian 2. pada bagian ini data dapat di sesuaikan berdasarkan field yang sudah tersedia.
6. Kode Isian Alias
Pengaturan ini digunakan untuk mengatur dan membuat kode isian alias dimana beberapa kode isian dapat satukan dalam 1 kode isian alias. Untuk pengaturan tersebut klik Kode Isian Alias.
Bagian 1. Judul digunakan untuk tentukan judul alias
Bagian 2. Alias dapat diisidengan format seperti kode isian seperti berikut ini [kode_isian]
Bagian 3. bagian kumpulan atau format kode isian yang akan digantikan oleh bagian 2
Ketika berhasil menambahkan kode isian tersebut maka akan tampil seperti gambar berikut ini :
Dari gambar diatas maka data alias dapat di kelola dengan menghapus daftar list tersebut.
7. Lainnya
Lainnya adalah bagian pengaturan yang terdapat berbagai pengaturan utama pada surat TinyMCE lihat gambar berikut ini :
Bagian 1. digunakan untuk menentukan format font pada semua surat TinyMCE.
Bagian 2. digunakan untuk mengupload font yang tidak tersedia pada pengaturan bawaan font.
Bagian 3. pada bagian no 3 digunakan untuk melakukan pengaturanpada format nomor surat TinyMCE.
Bagian 4. pada bagian ini digunakan untuk menganti jika ada kondisi dimana kode isian tidak punya data atau dikosongkan.
Bagian 5. pada bagian ini digunakan untuk membuat format tanggal secara general dengan format yang sudah tersedia.
Bagian 6. bagian ini digunakan untuk mengatur jarang atas,kanan,bawah dan kiri pada surat.